Sabtu, 21 November 2015

Tugas minggu ke 2



TUGAS MINGGU 2 
 
1.       Jelaskan bagaimana cara mendirikan ( berikan langkahnya ) UKM dengan memperhatikan faktor produksi


·         Modal

Modal merupakan faktor terpenting dalam membangun ukm. Modal seperti jantung dalam menjalankan ukm, bahkan modal juga layaknya seperti roda yang berguna menjalankan ukm. Modal berupa uang ataupun peralatan – peralatan penunjang produksi untuk membuat suatu barang yang pertama kali dihasilkan.

·         Tenaga kerja

Dalam mendirikan sebuah ukm tenaga kerja yang ahli dan penuh dengan wawasan – wawasan luas sangat dibutuhkan dalam menjalankan ukm baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Tenaga kerja sangatlah penting dalam menjalankan roda ukm tanpa tenaga kerja ukm tidak akan berjalan.

·         Ide

Ide yang baik atau ide – ide kreatif yang sangat dibutuhkan dalam menjalankan ukm. Ide yang baik dan kreatif menjadi faktor terpenting karena dengan ide – ide itu dapat menarik konsumen untuk membeli produk yang dihasilkan.

·         Tempat usaha

Dalam menjalankan ukm harus memperhatikan tempat usaha yang strategis dan baik untuk menunjang berjalannya kegiatan ukm tersebut.

2.       Berilah masing – masing sebanyak 5 contoh riil perusahaan berdasarkan letak / tempat

1)      Letak perusahaan yang terikat pada alam
Letak perusahaan yang terkait pada alam artinya perusahaan tersebut tergantung pada kondisi alam yang tidak dapat ditentukan oleh manusia.
Contohnya :
a)      Perusahaan pertambangan timah diindonesia memilih letaknya diderah pulau Bangka.
b)      Perusahaan pembibitan Bunga memilih letaknya dipuncak karena iklimnya mendukung.
c)       Perusahaan pertambangan emas memilih letaknya dicokot jawa barat.
d)      Perusahaan pertamina memilih letaknya didaerah babelan bekasi.
e)      Perusahaan perikanan memilih letaknya diderah sekitaran laut.
2)      Letak perusahaan berdasarkan sejarah
Dalam hal ini perusahaan menjalankan aktivitasnya disuatu daerah tertentu karena alasan yang hanya dapat dijelaskan berdasarkan sejarah.
Contohnya :
a)      Perusahaan batik yang banyak didirikan diwilayah Yogyakarta, pekalongan, solo.
b)      Perusahaan kerajinan furniture dipekalongan.
c)       Perusahaan ukiran dijepara.
d)      Perusahaan yang bergerak dipendidikan yang didirikan di Yogyakarta.
e)      Perusahaan pengrajin patung dibali.

3)      Letak perusahaan yang ditetapkan pemerintah
Dalam hal ini letak perusahaan yang ditetapkan pemerintah atas dasra pertimbangan politik, keamanan, kesehatan, dan sebagainya.
Contohnya :
a)      Kawasan industri dipulo gadung.
b)      Kawasan industri di jababeka.
c)       Perusahaan bahan kimia yang diletakan jauh dari lingkungan masyarakat.
d)      Pabrik obat – obatan.
e)      Pt dirgantara dibandung.

4)      Letak perusahaan yang dipengaruhi faktor – faktor ekonomi
Letak perusahaan yang dipengaruhi faktor – faktor ekonomi adalah perusahaan yang memperhitungkan segala aspek ekonomi yang menguntungkan perusahaan dalam jangka pendek dan jangka panjang.
Contohnya :
a)      Perusahaan semen gresik digresik.
b)      Pabrik gula madukismo diyogyakarta.
c)       Rumah – rumah makan yang tersebar diseluruh Indonesia.
d)      Bank – bank yang ada diseluruh Indonesia.
e)      Perkebunan teh Malabar di pangalengan bandung.





3.       Sebutkan dan jelaskan dengan singkat apa yang menjadi tujuan perusahaan

Tujuan perusahaan terbagi menjadi dua yaitu :
a)      Tujuan ekonomis

Tujuan ekonomis berkenaan denganupaya perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya. Dalam hal ini perusahaan berusaha menciptakan laba, menciptakan pelanggan, dan menjalankan upaya – upaya pengembangan dengan memusatkan perhatian pada kebutuhan masyarakat dalam hal produk yang diinginkan, kualitas harga, harga kuantitas, waktu pelayanan, kegunaan produk dan sebagainya.

b)      Tujuan social

Tujuan social, perusahaan diharapkan untuk memperhatikan keinginan investor, karyawan, penyedia faktor – faktor produksi, maupun masyarkat luas. Kedua tujuan tersebut saling mendukung untuk mencapai tujuan utama perusahaan, yaitu memberikan kepuasan kepada keinginan  konsumen atau pelanggan.

4.       Jelaskan apa yang dimaksud lingkungan internal dan eksternal suatu perusahaan

·         Lingkungan internal

Lingkungan internal adalah lingkungan yang terdapat didalam perusahaan secara langsung maupun tidak langsung dalam kegiatan perusahaan.
Contohnya : Pemilik, Tenaga kerja, Mesin – mesin, Bahan baku dan sebagainya.

·         Lingkungan eksternal

Lingkungan eksternal adalah faktor – faktor diluar dunia usaha yang mempengaruhi kegiatan perusahaan yang berpengaruh langsung maupun tidak langsung.
Contohnya : keadaan alam, keadaan politik, social dan budaya, pemasok / supplier, dan sebagainya.


5.       Aplikasikan setiap variabel lingkungan internal dan eksternal bagaimana pengaruhnya pada suatu perusahaan
Lingkungan internal
a.       Tenaga kerja   : berkurangnya tenaga kerja ahli.
b.      Mesin – mesin  : rusaknya mesin – mesin yang dibutuhkan.
c.       Bahan baku  : habisnya atau berkurangnya bahan baku yang ada.
Lingkungan eksternal

a.       Keadaan alam  : pencemaran udara, pencemaran air, dan banyaknya sampah produksi.
b.      Pemasok / supplier : hilangnya pemasok karena kehabisan bahan bakunya.
c.       Politik dan hukum  :keamanan, keputusan transaksi perusahaan.

6.       Jelaskan perbedaan producer oriented approach dan consumer oriented approach

Ø  Producer oriented approach adalah produsen yang berorientasi pendekatan atau yang dimaksud dengan produen menjual barang kepada konsumen atau menjual barang atau jasa kepasar.
Ø  Consumer oriented approach adalah konsumen yang berorientasi pendekatan yang dimaksud dengan membeli barang atau jasa yang dijual oleh produsen dipasar atau membeli barang lansung keprodusen.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Catatan Kecil Template by Ipietoon Cute Blog Design