Senin, 23 November 2015

Strategi Menajalankan Usaha_ Tulisan Pengantar Bisnis (V-class)





BAB I
PENDAHULUAN
Untuk memulai sebuah usaha, hal pertama yang pasti dan tidak bisa dilepaskan adalah pengetahuan kita akan peluang pasar dan cara untuk mendapat pesanan (order). Bagaimana peluang pasar yang ada kita serap agar usaha kita dapat mendapat orde dan kepercayaan oleh masyarakat luas, disusul kemampuan kita untuk menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing kita dan sejauh mana kita mampu bersaing secara sehat dengan mereka melalui harga, pelayanan dan kualitas. Dan, tidak kalah pentingnya untuk mempersiapkan mental, gagal mencoba tidak lebih baik daripada berani mencoba tetapi masih gagal, karena kegagalan adalah sukses yang tertunda.



BAB II
ISI
Strategi  menjalankan usaha

Dengan memulai usaha wirausaha berharap mendapatkan kebahgiaan tehdap kesuksesan yang tidak didapatkan saat bekerja untuk orang lain. Tujuan ini menyenangkan, namun untuk mewujudkan dibutuhkan langkah berbagai langkah penting dan dilakukan dengan sistematis. Dengan kata lain, wirausaha harus memilki strategi tertentu agar usahanya dapat mencapai sukses. Sebelum melihat strategi apa yang akan dilakukan ada baiknya wirausaha terlebih dahulu membekali diri dengan beberapa hal berikut ini.

  • 1.      Percaya diri

Pondasi awal kesuksesan adalah percaya diri. Orang yang memilki rasa percaya diri meraih kesuksesan lebih cepat dibandingkan yang lainnya. Mereka juga memberikan inspirasi kepercayaan pada kolega, bawahan dan pelanggan. Pengusaha dengan percaya diri bersedia mengambil risiko dan berusaha keras untuk memulai atau mencapai sukses. Anda harus memiliki percaya diri untuk sukses dan kegagalan bukanlah opsi yang anda miliki.

  • 2.      Memilih bisnis yang tepat

Wirausaha harus mengidentifikasikan produk dimana  ada kebutuhan dan wirausaha menyukainya. Bukan masalah jika ada bisnis serupa telah ada. Hal yang penting apakah bisnis atau usaha yang dipilih merupakan usaha yang tepat. Untuk mengetahuinya survei pasar dalam membuat keputusan yang benar.

  • 3.      Lokasi

Lokasi adalah faktor penting yang harus dipertimbangkan saat memulai usaha. Meski dengan produk yang tepat, usaha tidak bisa bertahan kecuali berada  di tempat  yang tepat dengan kemudahan akses dan fasilitas parkir. Sebuah usaha baru haruslah bisa bertahan, mengalahkan persaingan dan berhasil di lingkungan yang kompetitif

  • 4.      Sasaran

Setelah memutuskan memulai usaha, langkah pertama adalah menentukan sasaran untuk menjalankan bisnis yang sukses. Tentukan sasaran yang paling masuk akal sehingga bisa dicapai.

  • 5.      Rencana bisnis

Persiapkan rencana untuk menentukan strategi apa yang dilakukan untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan. Jika tidak bisa mempersiapkan rencana, gunakan jasa konsultan atau teman yang menjalankan bisnis yang sukses. Analisis juga alur kas dan break even point.

  • 6.      Pengetahuan dan keterampilan

Saat memulai usaha baru, lebih baik jika memulai bisnis sesuai dengan pengalaman kerja atau pengetahuan yang dimiliki. Jika tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai, bisa memperkerjakan seseorang yang memilki keterampilan tersebut. Dengan keteguhan dan kerja keras, wirausaha bisa belajar sembari langsung mengurus usaha. Setelah mencapai sasaran dalam memulai usaha, wirausaha harus mendapatkan alur pelanggan yang stabil dan memastikan mereka memiliki pengalaman berbisnis dengan baik.
Jeff Bozess, pendiri amazon.com mengatakan bahwa jika anda membangun pengalaman yang baik, pelanggan akan menyebarkan hal tersebut. Iklan dari mulut ke mulut sangat ampuh. Jadi, jalan untuk menjadi pengusaha sebenarnya terbentang luas bagi siapa saja. Asal punya ide kreativ dan inovatif, maka lahirlah pengusaha baru, sekalipun ditengah krisis. Demi kepentingan ekonomi nasional, tumbuhnya pengusaha-pengusaha baru berbasiskan ide-ide kreativ dan inovatif jelas banyak memberi manfaat. Selain produktivitas nasional meningkat, lapangan kerja baru pun tercipta. 



BAB III
PENUTUP

           Saya menyadari bahwa tulisan ini belum sempurna, oleh karena itu, saya sangat mengharapkan saran-saran yang sifatnya membangun dari kalian semua yang membacanya.





BAB IV
DAFTAR PUSTAKA

Alma, Buchari. 2000, Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta
Atep Adya Banata. 1995, Perpajakan, Bandung: Armico
Ating Tedjakusuma. H., MBA. 1995, Pengelolaan Usaha SMK, Bandung: Armico

0 komentar:

Posting Komentar

 

Catatan Kecil Template by Ipietoon Cute Blog Design