Sumber
daya manusia merupakan suatu aspek yang hingga saat ini masih menjadi sorotan
penting dalam suatu organisasi. Setiap organisasi, baik itu organisasi besar
ataupun kecil selalu memerlukan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki
skill dan kemampuan untuk menjalani
organisasi tersebut.
Dengan kata lain SDM dapat dianalogikan
sebagai motor penggerak dari berjalannya suatu organisasi. Oleh sebab itu,
organisasi dituntut untuk memiliki manajemen sumber daya manusia (MSDM) yang
efektif dan tepat sasaran sehingga dapat berjalan sesuai dengan tujuan
organisasi nya. Manajemen sumber daya manusia, disingkat MSDM, adalah suatu
ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga
kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat
digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan (goal) bersama perusahaan,
karyawan dan masyarakat menjadi maksimal. (Anonim, 2015)
Manajemen sumber daya manusia tidak hanya
sebatas dalam pengadaaan SDM saja. MSDM memiliki urgensi dalam menciptakan
strategi yang berhubungan dengan pengelolahan antara pernencanaa, pekerjaan,
kebijakan, kompensasi, pengembangan karyawan, perlindungan karyawan, dan
hukum-hukum terkait ketenagakerjaan yang berlaku. Semua hal tersebut merupakan
hal mendasar yang harus diperhatikan setiap organisasi dalam menjaga
keefektifitasn MSDM pada suatu organisasi untuk mencapai goal yang sama.
Sifat dari MSDM sangat lah dinamis dan
mengikuti perkembangan jaman. Fenomena yang sedang populer saat ini terkait
dengan perkembangan MSDM pada perusahaan yang bergerak dibidang jasa
transportasi publik yaitu ojek online atau masyarakat mengenal nya dengan
istilah gojek. Pada dasarnya, ojek bukanlah sarana tranportasi umum yang baru
dikalangan masyarakat Indonesia. Namun, pihak manajemen gojek memberikan
inovasi dalam melakukan pencarian dan pemesanan jasa ojek sehingga dapat
memaksimalkan pendapatan seorang tukang ojek. Selain itu fitur yang diberikan
oleh gojek tidak hanya sebatas mengantar penumpang. Fitur lainnya yang
ditawarkan oleh gojek adalah jasa kurir dan pemesanan barang sehingga menarik
minat masyarakat untuk menggunakan layanan tersebut.
Jika dilihat dari fungsi
operasional pihak manajemen gojek menerapkan fungsi operasional dengan baik,
dimana terdapat beberapa komponen, yaitu ; pengadaan SDM, pengembangan,
kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan.
1. Pengadaan SDM
Dalam hal pengadaan SDM, pihak manajemen
gojek saat ini sudah berhasil memenuhi kebutuhan SDM sesuai dengan jumlah
pengguna gojek. Bagi pihak manajemen gojek, pengadaan SDM sebagai armada bukan
lah suatu permasalah yang sulit pada saat ini. Pihak manajemen gojek senantiasa
memberikan citra yang baik dikalangan masyrakat sehingga berpengaruh terhadap
antusias masyarakat untuk bergabung dengan perusahaan tersebut.
2. Pengembangan
Fungsi Pengembangan adalah proses peningkatan ketrampilan
teknis,teoritis,konseptual, dan moral karyawan melalui pendidikan dan
pelatihan. Pendidikan dan latihan yang diberikan harus sesuai dengan kebutuhan
pekerjaan masa kini maupun masa depan.
Jika dilihat dari sisi pengembangan, pihak
gojek mampu memberikan pelatihan kepada para calon armada dalam ilmu terkait
dengan pelayanan transportasi kepada publik. Selain itu, para calon armada
gojek juga dibekali ilmu dalam berkendara yang baik dan menjalankan aplikasi
digital sehingga mampu mengikuti perkembangan teknologi.
3. Kompensasi
Fungsi Kompensasi adalah pemberian balas
jasa langsung dan tidak lansung berbentuk uang atau barang kepada karyawan
sebagai imbal jasa (output) yang diberikannya kepada perusahaan.
Pihak manajemen gojek memberikan kompensasi
kepada para armada gojek seperti; asuransi kesehatan, sistem pembagian hasil
yang transparan, dan juga fleksibilitas dalam menjalankan tugas serta mencari
penumpang. Semua hal tersebut dianggap mampu menarik antusias masyarakat yang
belum memiliki pekerjaan untuk bergabung ataupun bagi masyarakat yang sudah
memiliki pekerjaan menjadikan pekerjaan tersebut sebagai pekerjaan sampingan.
Kompensasi yang dijanjikan pihak gojek lah yang membedakan antara "tukang
gojek pangkalan" dengan "tukang ojek gojek". Peran kompensasi
sangat berpengaruh terhadap minat masyarakat untuk bergabung, bertahan, dan
memotivasi berprestasi dalam suatu organisasi.
4. Pengintegrasian
Pengintegrasian bertujuan untuk
rekonsiliasi kepentingan-kepentingan karyawan dalam suatu organiasi. MSDM harus
mampu menjaga hubungan antara individu dengan individu lainnya ataupun dengan
kelompok lainnya dalam suatu organisasi. Bukanlah hal yang mudah untuk
menciptakan suatu pemikiran yang sama dan secara berkelanjutan dapat terjaga
untuk mencapai goal yang sama. Untuk itu pihak manajemen gojek sangat menjaga
intensitas sosialisasi dengan armada gojek yang saat ini tergabung agar selalu
diperoleh kesepakatan untuk mencapai tujuan yang sama.
5. Pemeliharaan
Fungsi pemeliharaan adalah kegiatan untuk
memelihara atau meningkatkan kondisi fisik, mental dan loyalitas karyawan agar
tercipta hubungan jangka panjang. Pemilharaan yang baik dapat dilakukan dengan
program-program yang menajamin keselamatan dan kesehatan kerja setiap karyawan.
Selain itu, kegiatan-kegiatan di luar waktu kerja dapat menumbuhkan tingkat
kebersaamaan dan menjaga hubungan antara perusahaan dengan segala pihak terkait
di dalamnya.
STRUKTUR ORGANISASI PT GOJEK
Top Management
Manajemen Puncak terdiri atas
kelompok yang relative kecil, yang bertanggung jawab atas manajemen keseluruhan
dari organisasi. Dikatakan top majager karena mereka berada dipuncak tingkat
Manajerial. Mereka adalah orang-orang yang memegang jabatan tinggi dalam suatu
organisasi, mereka bertanggung jawab secara menyeluruh terhadap Manajemen
organisasi yang bersangkutan.
Tugas atau peranannya adalah
menetapkan kebijakan operasional dan mengarahkan organisasi dalam berinteraksi
dengan lingkungannya baik mikro maupun makro.
1. Direktur Utama
- Memutuskan dan menentukan
peraturan dan kebijakan tertinggi perusahaan.
- Bertanggungjawab dalam memimpin
dan menjalankan perusahaan.
- Bertanggung Jawab atas keuntungan
dan juga kerugian yang dialami perusahaan.
- Merencanakan serta mengembangkan
sember-sumber pendapatan dan pembelanjaan kekayaan perusahaan.
- Menentukan Strategi untuk mencapai
Visi-Misi perusahaan.
- Mengkoordinasi dan mengawasi semua
kegiatan perusahaan mulai bidang administrasi, kepegawaian hingga pengadaan
barang.
2. Wakil Direktur
- Membantu Semua Tugas Direktur
Utama yang merupakan wakil di masing-masing area.
Middle Management
Manajemen Menengah mencakup lebih
dari satu tingkatan didalam organisasi. Manager menengah mengarahkan kegiatan
manager lain, juga mengarahkan kegiatan-kegiatan yang melaksanakan kebijakan
organisasi
1. Manajer IT
- Mengembangkan dan menyusun
strategi dan rencana IT Go-jek dalam hal mempermudah pekerjaan dan dalam
pelayanan kepada pelanggan.
- Mengkoordinir dan mengelola
pendayagunaan software, hardware, Brainware dan jaringan di bidang TIK untuk
mencapai kinerja optimum Go-Jek Indonesia.
- Mengelola layanan perancangan
sistem kompterisasi dan progam aplikasi perangkat yang terintegrasi.
- Menyediakan data-data yang
diperlukan oleh Bagian lain yang menyangkut IT
2. Manajer Karyawan Front Office
& Pemasaran
- Melatih, menetapkan, melatih dan
mengevaluasi karyawan front office.
- Memastikan bahwasaanya karyawan
mengetahui sistem komputerisasi, etika menerika keluahan secara langsung atau
via telephon dan strandar operasional Gojek.
- Menangani keluahan pelanggan yang
tidak bisa di selesaikan bawahannya.
- Membuat laporan daftar pelanggan.
- Menjaga kedisiplinan petugas
kantor dengan memberikan sanksi dan peringatan bagi yang melanggar
- Merencanakan dan menetapkan segala
sesuatu yang berhubungan dengan pemasaran.
3. Manajer Keuangan
-
Mengkoordinasi perencanaan anggaran.
-
Mengembangkan format pengajuan danpertanggungjawaban keuangan.
-
Mengkoordinasi pelaksanaan audit.
-
Melakukan sistem pencatatan keuangan.
-
Bertanggungjawab terhadap wakil direktur.
-
Merencanakan mengendalikan dan membuat keputusan atas semua aktivitas
akuntansi.
-
Menerima laporan arus kas keluar dan masuk ke perusahaan.
4. Manajer Ojek
- Membuat kelompok-kelompok tukang
ojek.
- Mengkoornir semua karyawan tukang
ojek.
- Selalu melakukan pengontrolan di
setiap lini pangkalan Go-jek.
- Bertanggung jawab kepada wakil
Direktur atas Semua Karyawan Tukang Ojek.
Low Management
Manajemen Lini tingkatan yang paling
rendah dalam suatu organisasi, dimana seorang yang bertanggung jawab atas
pekerjaan orang lain.
Karyawan:
1. Bidang Programming
- Melaksanakan semua pekerjaan yang
ditetapkan oleh manajer IT di bidang Programming.
- Bertanggungjawab mengenai progam
kepada manajer IT.
2. Bidang Web
- Melaksanakan semua pekerjaan yang ditetapkan oleh manajer
IT di bidang Web.
- Bertanggungjawab mengenai progam kepada manajer IT.
3. Front Office (CS, Administrasi
& Pemasaran)
- Melaksanakan Semua pekerjaan Front Office yang ditetapkan
oleh Manajer Front office dan administrasi.
- Bertanggung Jawab Kepada Manajer Front office dan
administrasi
4. Tukang Ojek
- Melaksanakan Semua Pekerjaan yang ditetapkan oleh manajer
Bagian Ojek.
- Mengantarkan penumpang dan pesanan sesuai dengan waktu
ditetapkan dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan.
- Bertanggung jawab kepada atasannya.
KESIMPULAN
Dari keseluruhan pembahasan di atas,
dapat diambil kesimpulan bahwa pihak
manajemen gojek mampu menciptakan inovasi baru dengan memadukan penerapann
kemajuan IPTEK dan urgensi manajemen sumber daya manusia. Selanjutnya, secara
garis besar manajemen gojek dapat dikatakan cukup berhasil dalam menerapkan
konsep MSDM dengan baik sehingga pengadaan SDM dan pengelolahan karyawan di
dalamnya dapat tumbuh cepat dan terjaga. Kaji ulang manajemen juga harus
dijalankan secara kontinyu sehingga untuk jangka waktu panjang perusahaan dapat
mempertahankan dan bahkan meningkatkan konsistensinya.
DAFTAR PUSTAKA
http://news.metrotvnews.com/read/2015/02/23/361932/gojek-terapkan-sistem-bagi-hasil
http://go-jek.com
http://go-jek-indonesia-malang.blogspot.co.id/p/proposal-usaha.html
http://gojekid.blogspot.co.id/2016/09/profil-perusahaan-gojek.html
https://driver.go-jek.com/hc/id/articles/115007596807-Jenis-Jenis-Layanan-GO-JEK
0 komentar:
Posting Komentar