Rabu, 10 Oktober 2018

Manajemen Sumber Daya Manusia PT GOJEK


Sumber daya manusia merupakan suatu aspek yang hingga saat ini masih menjadi sorotan penting dalam suatu organisasi. Setiap organisasi, baik itu organisasi besar ataupun kecil selalu memerlukan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki skill  dan kemampuan untuk menjalani organisasi tersebut.

     Dengan kata lain SDM dapat dianalogikan sebagai motor penggerak dari berjalannya suatu organisasi. Oleh sebab itu, organisasi dituntut untuk memiliki manajemen sumber daya manusia (MSDM) yang efektif dan tepat sasaran sehingga dapat berjalan sesuai dengan tujuan organisasi nya. Manajemen sumber daya manusia, disingkat MSDM, adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan (goal) bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat menjadi maksimal. (Anonim, 2015)

     Manajemen sumber daya manusia tidak hanya sebatas dalam pengadaaan SDM saja. MSDM memiliki urgensi dalam menciptakan strategi yang berhubungan dengan pengelolahan antara pernencanaa, pekerjaan, kebijakan, kompensasi, pengembangan karyawan, perlindungan karyawan, dan hukum-hukum terkait ketenagakerjaan yang berlaku. Semua hal tersebut merupakan hal mendasar yang harus diperhatikan setiap organisasi dalam menjaga keefektifitasn MSDM pada suatu organisasi untuk mencapai goal yang sama.

    Sifat dari MSDM sangat lah dinamis dan mengikuti perkembangan jaman. Fenomena yang sedang populer saat ini terkait dengan perkembangan MSDM pada perusahaan yang bergerak dibidang jasa transportasi publik yaitu ojek online atau masyarakat mengenal nya dengan istilah gojek. Pada dasarnya, ojek bukanlah sarana tranportasi umum yang baru dikalangan masyarakat Indonesia. Namun, pihak manajemen gojek memberikan inovasi dalam melakukan pencarian dan pemesanan jasa ojek sehingga dapat memaksimalkan pendapatan seorang tukang ojek. Selain itu fitur yang diberikan oleh gojek tidak hanya sebatas mengantar penumpang. Fitur lainnya yang ditawarkan oleh gojek adalah jasa kurir dan pemesanan barang sehingga menarik minat masyarakat untuk menggunakan layanan tersebut.
Jika dilihat dari fungsi operasional pihak manajemen gojek menerapkan fungsi operasional dengan baik, dimana terdapat beberapa komponen, yaitu ; pengadaan SDM, pengembangan, kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan.

1. Pengadaan SDM
    Dalam hal pengadaan SDM, pihak manajemen gojek saat ini sudah berhasil memenuhi kebutuhan SDM sesuai dengan jumlah pengguna gojek. Bagi pihak manajemen gojek, pengadaan SDM sebagai armada bukan lah suatu permasalah yang sulit pada saat ini. Pihak manajemen gojek senantiasa memberikan citra yang baik dikalangan masyrakat sehingga berpengaruh terhadap antusias masyarakat untuk bergabung dengan perusahaan tersebut.

2. Pengembangan
  Fungsi Pengembangan adalah proses peningkatan ketrampilan teknis,teoritis,konseptual, dan moral karyawan melalui pendidikan dan pelatihan. Pendidikan dan latihan yang diberikan harus sesuai dengan kebutuhan pekerjaan masa kini maupun masa depan.
     Jika dilihat dari sisi pengembangan, pihak gojek mampu memberikan pelatihan kepada para calon armada dalam ilmu terkait dengan pelayanan transportasi kepada publik. Selain itu, para calon armada gojek juga dibekali ilmu dalam berkendara yang baik dan menjalankan aplikasi digital sehingga mampu mengikuti perkembangan teknologi.

3. Kompensasi
    Fungsi Kompensasi adalah pemberian balas jasa langsung dan tidak lansung berbentuk uang atau barang kepada karyawan sebagai imbal jasa (output) yang diberikannya kepada perusahaan.
    Pihak manajemen gojek memberikan kompensasi kepada para armada gojek seperti; asuransi kesehatan, sistem pembagian hasil yang transparan, dan juga fleksibilitas dalam menjalankan tugas serta mencari penumpang. Semua hal tersebut dianggap mampu menarik antusias masyarakat yang belum memiliki pekerjaan untuk bergabung ataupun bagi masyarakat yang sudah memiliki pekerjaan menjadikan pekerjaan tersebut sebagai pekerjaan sampingan. Kompensasi yang dijanjikan pihak gojek lah yang membedakan antara "tukang gojek pangkalan" dengan "tukang ojek gojek". Peran kompensasi sangat berpengaruh terhadap minat masyarakat untuk bergabung, bertahan, dan memotivasi berprestasi dalam suatu organisasi.

4. Pengintegrasian
    Pengintegrasian bertujuan untuk rekonsiliasi kepentingan-kepentingan karyawan dalam suatu organiasi. MSDM harus mampu menjaga hubungan antara individu dengan individu lainnya ataupun dengan kelompok lainnya dalam suatu organisasi. Bukanlah hal yang mudah untuk menciptakan suatu pemikiran yang sama dan secara berkelanjutan dapat terjaga untuk mencapai goal yang sama. Untuk itu pihak manajemen gojek sangat menjaga intensitas sosialisasi dengan armada gojek yang saat ini tergabung agar selalu diperoleh kesepakatan untuk mencapai tujuan yang sama.

5. Pemeliharaan
    Fungsi pemeliharaan adalah kegiatan untuk memelihara atau meningkatkan kondisi fisik, mental dan loyalitas karyawan agar tercipta hubungan jangka panjang. Pemilharaan yang baik dapat dilakukan dengan program-program yang menajamin keselamatan dan kesehatan kerja setiap karyawan. Selain itu, kegiatan-kegiatan di luar waktu kerja dapat menumbuhkan tingkat kebersaamaan dan menjaga hubungan antara perusahaan dengan segala pihak terkait di dalamnya.
STRUKTUR ORGANISASI PT GOJEK

Struktur Organisasi Pusat

Struktur Organisasi Regional

Top Management
Manajemen Puncak terdiri atas kelompok yang relative kecil, yang bertanggung jawab atas manajemen keseluruhan dari organisasi. Dikatakan top majager karena mereka berada dipuncak tingkat Manajerial. Mereka adalah orang-orang yang memegang jabatan tinggi dalam suatu organisasi, mereka bertanggung jawab secara menyeluruh terhadap Manajemen organisasi yang bersangkutan.
Tugas atau peranannya adalah menetapkan kebijakan operasional dan mengarahkan organisasi dalam berinteraksi dengan lingkungannya baik mikro maupun makro.
1. Direktur Utama
- Memutuskan dan menentukan peraturan dan kebijakan tertinggi perusahaan.
- Bertanggungjawab dalam memimpin dan menjalankan perusahaan.
- Bertanggung Jawab atas keuntungan dan juga kerugian yang dialami perusahaan.
- Merencanakan serta mengembangkan sember-sumber pendapatan dan pembelanjaan kekayaan perusahaan.
- Menentukan Strategi untuk mencapai Visi-Misi perusahaan.
- Mengkoordinasi dan mengawasi semua kegiatan perusahaan mulai bidang administrasi, kepegawaian hingga pengadaan barang.
2. Wakil Direktur
- Membantu Semua Tugas Direktur Utama yang merupakan wakil di masing-masing area.
Middle Management
Manajemen Menengah mencakup lebih dari satu tingkatan didalam organisasi. Manager menengah mengarahkan kegiatan manager lain, juga mengarahkan kegiatan-kegiatan yang melaksanakan kebijakan organisasi
1. Manajer IT
- Mengembangkan dan menyusun strategi dan rencana IT Go-jek dalam hal mempermudah pekerjaan dan dalam pelayanan kepada pelanggan.
- Mengkoordinir dan mengelola pendayagunaan software, hardware, Brainware dan jaringan di bidang TIK untuk mencapai kinerja optimum Go-Jek Indonesia.
- Mengelola layanan perancangan sistem kompterisasi dan progam aplikasi perangkat yang terintegrasi.
- Menyediakan data-data yang diperlukan oleh Bagian lain yang menyangkut IT
2. Manajer Karyawan Front Office & Pemasaran
- Melatih, menetapkan, melatih dan mengevaluasi karyawan front office.
- Memastikan bahwasaanya karyawan mengetahui sistem komputerisasi, etika menerika keluahan secara langsung atau via telephon dan strandar operasional Gojek.
- Menangani keluahan pelanggan yang tidak bisa di selesaikan bawahannya.
- Membuat laporan daftar pelanggan.
- Menjaga kedisiplinan petugas kantor dengan memberikan sanksi dan peringatan bagi yang melanggar
- Merencanakan dan menetapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan pemasaran.
3. Manajer Keuangan
- Mengkoordinasi perencanaan anggaran.
- Mengembangkan format pengajuan danpertanggungjawaban keuangan.
- Mengkoordinasi pelaksanaan audit.
- Melakukan sistem pencatatan keuangan.
- Bertanggungjawab terhadap wakil direktur.
- Merencanakan mengendalikan dan membuat keputusan atas semua aktivitas akuntansi.
- Menerima laporan arus kas keluar dan masuk ke perusahaan.
4. Manajer Ojek
- Membuat kelompok-kelompok tukang ojek.
- Mengkoornir semua karyawan tukang ojek.
- Selalu melakukan pengontrolan di setiap lini pangkalan Go-jek.
- Bertanggung jawab kepada wakil Direktur atas Semua Karyawan Tukang Ojek.
Low Management
Manajemen Lini tingkatan yang paling rendah dalam suatu organisasi, dimana seorang yang bertanggung jawab atas pekerjaan orang lain.
Karyawan:
1. Bidang Programming
- Melaksanakan semua pekerjaan yang ditetapkan oleh manajer IT di bidang Programming.
- Bertanggungjawab mengenai progam kepada manajer IT.
2. Bidang Web
- Melaksanakan semua pekerjaan yang ditetapkan oleh manajer IT di bidang Web.
- Bertanggungjawab mengenai progam kepada manajer IT.
3. Front Office (CS, Administrasi & Pemasaran)
- Melaksanakan Semua pekerjaan Front Office yang ditetapkan oleh Manajer Front office dan administrasi.
- Bertanggung Jawab Kepada Manajer Front office dan administrasi
4. Tukang Ojek
- Melaksanakan Semua Pekerjaan yang ditetapkan oleh manajer Bagian Ojek.
- Mengantarkan penumpang dan pesanan sesuai dengan waktu ditetapkan dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan.
- Bertanggung jawab kepada atasannya.

KESIMPULAN
Dari keseluruhan pembahasan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa  pihak manajemen gojek mampu menciptakan inovasi baru dengan memadukan penerapann kemajuan IPTEK dan urgensi manajemen sumber daya manusia. Selanjutnya, secara garis besar manajemen gojek dapat dikatakan cukup berhasil dalam menerapkan konsep MSDM dengan baik sehingga pengadaan SDM dan pengelolahan karyawan di dalamnya dapat tumbuh cepat dan terjaga. Kaji ulang manajemen juga harus dijalankan secara kontinyu sehingga untuk jangka waktu panjang perusahaan dapat mempertahankan dan bahkan meningkatkan konsistensinya.
DAFTAR PUSTAKA
http://news.metrotvnews.com/read/2015/02/23/361932/gojek-terapkan-sistem-bagi-hasil
http://go-jek.com
http://go-jek-indonesia-malang.blogspot.co.id/p/proposal-usaha.html
http://gojekid.blogspot.co.id/2016/09/profil-perusahaan-gojek.html
https://driver.go-jek.com/hc/id/articles/115007596807-Jenis-Jenis-Layanan-GO-JEK

0 komentar:

Posting Komentar

 

Catatan Kecil Template by Ipietoon Cute Blog Design